Mobile Programming
Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java.
Macam Macam Mobile Programming seperti :
1. Java 2 Micro Edition (J2ME)
2. Objective C yang hanya digunakan oleh iOS
3. C++ Brew Framework untuk handphone CDMA
4. C#.NET untuk Windows Phone
5. Javafx mobile untuk Android
6. PHP
7. Flash Lite
8. C++ dalam Symbian Framework
Seperti namanya Mobile Programing adalah pemrogaman yang diterapkan di mobile/Handphone atau Laptop. Macam alat mobile yaitu antara lain :
1.Telepon Wireless
2.Tablet PC
3.Smartphone
4.Laptop
5.Handphone
Dan Lainnya.
Pengembangan aplikasi mobile adalah proses dimana aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk daya rendah perangkat genggam , seperti asisten pribadi digital , perusahaan asisten digital atau ponsel . Aplikasi ini dapat diinstal pada ponsel selama manufaktur, didownload oleh pelanggan dari berbagai platform distribusi perangkat lunak ponsel , atau disampaikan sebagai aplikasi web menggunakan server-side atau sisi klien pengolahan (misalnya JavaScript) untuk memberikan pengalaman "aplikasi-seperti" dalam sebuah browser Web . Pengembang perangkat lunak aplikasi juga harus mempertimbangkan array panjang ukuran layar, spesifikasi hardware dan konfigurasi karena persaingan yang ketat dalam perangkat lunak mobile dan perubahan dalam setiap platform.
Pengembangan aplikasi mobile adalah proses dimana aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk daya rendah perangkat genggam , seperti asisten pribadi digital , perusahaan asisten digital atau ponsel . Aplikasi ini dapat diinstal pada ponsel selama manufaktur, didownload oleh pelanggan dari berbagai platform distribusi perangkat lunak ponsel , atau disampaikan sebagai aplikasi web menggunakan server-side atau sisi klien pengolahan (misalnya JavaScript) untuk memberikan pengalaman "aplikasi-seperti" dalam sebuah browser Web . Pengembang perangkat lunak aplikasi juga harus mempertimbangkan array panjang ukuran layar, spesifikasi hardware dan konfigurasi karena persaingan yang ketat dalam perangkat lunak mobile dan perubahan dalam setiap platform.pengembangan aplikasi Mobile memiliki telah terus berkembang, baik dari segi pendapatan dan pekerjaan yang diciptakan. Sebuah laporan 2013 analis memperkirakan ada 529.000 langsung pekerjaan App Ekonomi di Uni Eropa 28 anggota, 60% di antaranya adalah pengembang aplikasi mobile.
Sebagai bagian dari proses pembangunan, ponsel user interface (UI) desain juga merupakan penting dalam penciptaan aplikasi mobile. Ponsel UI menganggap kendala & konteks, layar, input dan mobilitas sebagai garis besar untuk desain. Pengguna sering fokus interaksi dengan perangkat mereka, dan antarmuka memerlukan komponen hardware dan software. Input pengguna memungkinkan bagi pengguna untuk memanipulasi sistem, dan output perangkat memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.
Kendala desain ponsel UI termasuk perhatian dan bentuk faktor yang terbatas, seperti ukuran layar perangkat mobile untuk tangan pengguna (s). Ponsel UI konteks ini, isyarat sinyal dari aktivitas pengguna, seperti lokasi dan penjadwalan yang dapat ditampilkan dari interaksi pengguna dalam aplikasi mobile. Secara keseluruhan, tujuan UI desain mobile terutama untuk dimengerti, user-friendly interface. UI dari aplikasi mobile harus: mempertimbangkan perhatian yang terbatas pengguna, meminimalkan keystrokes, dan berorientasi tugas dengan satu set minimal fungsi.
Pengujian Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile yang pertama diuji dalam lingkungan pengembangan menggunakan emulator dan kemudian mengalami pengujian lapangan . Emulator menyediakan cara murah untuk menguji aplikasi pada ponsel yang pengembang mungkin tidak memiliki akses fisik. Berikut ini adalah contoh dari alat yang digunakan untuk aplikasi pengujian di paling populer sistem operasi mobile.
1.Google Android Emulator
2.The Official Android SDK Emulator
3.MobiOne
4.TestiPhone
5.iPhoney
6.Blackbarry Simulator
7.Windows UI Automation
Macam Macam Tool yang Sering Digunakan
1.eggPlant : Sebuah alat tes otomatis berbasis GUI untuk aplikasi mobile di semua sistem operasi dan perangkat.
2.Sikuli : Ini adalah teknologi visual untuk mengotomatisasi dan menguji antarmuka pengguna grafis (GUI) menggunakan gambar.
3.Ranorex : alat uji otomatisasi untuk mobile, web dan aplikasi desktop.
4.Testdroid : perangkat mobile dan alat otomatisasi tes nyata untuk pengujian aplikasi mobile dan web.
5.Gomez-Test the mobile application
Sejarah & Perkembangan
Perkembangan mobile computer hingga kini sangatlah luar biasa. Hal ini tidak lepas dari perkembangan-perkembangan mobile computer dari waktu ke waktu. Berikut dibahas sedikit mengenai sejarah perkembangan mobile computer, yakni :
1.Dynabook (1968)
Alan kay mengembangkan sebuah komputer portabel yang nantinya menawarkan sebuah media elektronik yang modern yang diperuntukan untuk anak anak. Graphical control interface dengan icon pada Komputer ini merupakan cikal bakal dari system operasi yang ada saat ini.
2.Gir Compass 1100(1982)
Teknologi ini di rancang dan di kembangkan oleh gird sangat terdepan . cover nya dapat dilipat dan teringrasi sebauh flatscreen serta casing dari magnesium yang ultralight. Namun ini di teruskan dan dikembangkan oleh bil moggridge ini terlalu mahal dengan harga mencapai dengan US$ 10.000. hanya kalangan militer AS dan NASA saja yang dapat membelinya.
3.Oseborne 1 (1981)
IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962 hardisk ini bisa menyipan sampai dengan 2 juta karakter pada diskpack yang dapat di ganti (1316). Ketebalan hardisk ini mencapai 4 inci dan berat 4,5 kg dan memiliki 6 disk yang berukuran 6 disk yang berukuran 14 inci dan permukaan yang dapat ditulis.
4.Compaq Portable (1983)
Laptop pertama yang kompetibel dengan IBM ditawarkan oleh Compaq. Berat dan tanpa batrai lantaran masih menggunakan system operasi MS DOS laptop ini tidak popular.
5.Gavilan SC (1984)
Touchpad pertama ini ditawarkan oleh laptop Gavilan dan berada di atas keyboard. Model komputer ini sudah dilipat dan menyediakan laya LCD serta processor intel 80168 yang kompetibel dengan harga MS DOS.
6.Bondwell 2 (1985)
Walaupun era CP /M yang sudah lewat tetapi kehadiran ini tetap sukses dengan RAM sebesar 64 Kb floppy drive 3.5 inci dan layer LCD laptop ini menjadi jawara di eranya.
7.COMPAQ SLT 286 (1988)
Laptop pertama yan sudah dilengkapi dengan batrai hardisk dan LCD. Layarnya menawarkan resolusi VGA penuh.notebook ini ditujukan untuk kalangan bisnis. Tidak heran harganya mencapai harga mobil pada saat itu.
8.Sharp Multicolor 386 PC 8041(1990)
Dengan spec :
Prosesor : Intel 80386
Frekuensi clock 20 mhz
Ram 2MB
Harddrive 40 mb
Harga US$23.00
9.USB interface (1997)
Setelah penganalan port interface USB hamper semua perangkat terhubung dengan notebook computer portable mendadak menjadi universal.
10.WLAN untuk semua (1999)
Berkat penggunaan WLAN notebook kini tidak lagi statis hotspot menghubungkan perangkat ini ke internet dan jaringan kantor serta dapat diakses dimana saja.
0 Comments